Diberdayakan oleh Blogger.

Nama Jokowi Muncul dalam Soal UN 2014, Kemendikbud Lakukan Investigasi

Nama Jokowi dalam Soal UN 2014 | Info Berita 2014 ~ Pada pemberitaan sebelumnya dijelaskan meengenai masuknya nama bakal calon presiden yang diusung PDI-P yakni, Joko Widodo (Jokowi) dalam soal UN 2014 mapel Bahasa Indonesia. Berikut kutipan aslinya.

"Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961, merupakan alumnus UGM. Sejak 15 Oktober, Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI. Tokoh yang jujur dan selalu bekerja keras ini dikenal dengan gaya blusukannya ke pelosok ibu kota. Berbagai penghargaan telah beliau raih, antara lain ia termasuk salah satu tokoh terbaik dalam pengabdiannya kepada rakyat.

Sebagai tokoh seni dan budaya, beliau dinilai paling bersih dari korupsi. Namun demikian, usahanya di bidang Upah Minimun Provinsi (UMP) mengalami kendala oleh tindakan buruh yang memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung. Buah dari pertemuan tersebut dewan pengupahan menetapkan UMP sebesar Rp 2,2 juta".

Dua pertanyaan yang harus dijawab peserta UN ada pada nomor 15, yaitu, "Keteladanan Jokowi pada kutipan wacana tersebut adalah?" dan "Masalah yang dihadapi tokoh Joko Widodo berdasarkan paragraf tersebut adalah?"

tampilan soal UN 2014 mapel Bhs. Indonesia terkait nama Jokowi

Nah, bagaimana langkah yang diambil Mendikbud mengenai prihal tersebut?. Menanggapi masuknya nama Bacapres Jokowi dalam soal UN 2014, M. Nuh selaku Mendikbud mengatakan, akan membahas hal tersebut dalam rapat yang digelar hari ini, Selasa (15/4/2014). Hadir juga dalam rapat tersebut Wamendikbud Musliar Kasim dan pejabat tinggi Mendikbud lainnya.

Seperti dilansir Liputan.com, Mendikbud kemarin sudah memerintahkan para stafnya untuk melakukan pemeriksaan terkait munculnya nama Jokowi dalam soal UN. "Tadi malam sudah saya perintahkan untuk diinvestigasi," kata Nuh di kantor Kemdikbud, Jalan Sudirman, Jakarta. Selain investigasi, Nuh juga memerintahkan jajarannya untuk memeriksa soal berisi cerita Jokowi tersebut beredar di mana saja dan duduk perkaranya seperti apa.  

"Kami punya 20 tipe. Dari 20 tipe itu apakah di seluruh tipe atau hanya di beberapa tipe." Nuh juga menyatakan akan menyelidiki pembuat naskah kontroversial tersebut. "Soal itu terdapat di regional mana saja dan kapan naskah dibuat," tambah Nuh.

Nama Jokowi muncul dalam Ujian Nasional yang berlangsung di SMA Muhammadiyah I Sukoharjo untuk jurusan IPS. Nuh memperkirakan, soal UN itu dicetak sekitar 6 bulan lalu.

Terkait sanski bagi pelanggar, Nuh mengatakan akan membahasnya dalam rapat hari ini. "Kalau menyimpang dari aturan pasti akan disanksi. Sanksinya seperti apa saya tidak mau berspekulasi lebih dulu."

Itulah tadi posting singkat tentang Info Ujian Nasional 2014 yang bisa admin bagikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya di Blog Info Berita 2014.

Langganan Artikel Via G+

Posting Pilihan

Info Surabaya